Perbedaan Prosesor Snapdragon Dengan Exynos

Perbedaan Prosessor Snapdragon Dengan Exynos


Processor merupakan bagian paling penting dalam komponen sebuah smartphone khususnya perangkat Android sebab prosesor adalah otak untuk menjalankan semua komponen pada perangkat smartphone. Dan pada dasarnya, setiap prosessor yang tertanam pada setiap jenis smartphone, sudah memiliki keahlian sendiri, ada yang berfokus di bagian performa dan ada pula yang berfokus di daya baterai. Langsung aja simak guys artikel ini.

Exynos


Exynos dikenal sebagai prosesornya orang kaya, sebab prosesor ini kebanyakan digunakan pada perangkat smartphone flagship dengan harga mahal. Exynos adalah prosesor yang sangat tangguh dan dilengkapi berbagai kelebihan serta dukungan fitur yang cukup bagus. Prosesor ini dikembangkan oleh pabrikan smartphone terkenal yaitu Samsung, jadi tidak heran kalau Exynos memiliki kemampuan yang terjamin kualitasnya. Produk Samsung sendiri yang menggunakan chipset dari prosesor ini adalah Samsung Galaxy J, Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy Note 7, Dll . Diantaranya, keunggulan Exynos ini adalah mampu mengoptimalkan kinerja baterai supaya tetap bertahan lama serta dukungan pengolahan grafik yang tinggi. Sedangkan pada sisi kelemahan mungkin Exynos agak kurang optimal jika buat gaming pada smartphone, karena prosesor Exynos sendiri lebih berfokus di bagian hemat daya baterai.

Snapdragon


Qualcomm Snapdragon adalah jenis prosesor yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan smartphone Android sebab Snapdragon memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, Qualcomm Snapdragon bermain untuk semua kalangan, baik itu kalangan bawah, menengah, dan keatas, sehingga prosesor ini laris manis dipakai oleh pabrikan smartphone. Untuk masalah kualitasnya, Qualcomm Snapdragon ini tidak beda jauh dengan Exynos bisa dibilang setara. Namun yang menjadi keunggulan prosesor ini adalah prosesor Snapdragon sendiri lebih joss jika buat gaming pada smartphone dan tentu juga harganya yang lebih murah. Sama halnya seperti Exynos, Snapdragon juga memiliki keunggulan dalam pengolahan grafik. Snapdragon mempunyai 3 jenis prosesor, ada seri 400 untuk entry-level, 600 di kelas menengah, dan terbaru 800 pada jajaran flagship.


Oke.. Sekian guys penjelasan dari saya, jika ada yg salah bisa di maafkan dan langsung komen.. Biar artikel ini bisa di sunting.

Jangan lupa:
FB : Luxman Fawkes
IG : luxman.id
Youtube : Lukman Nul Hakim