Pengertian Hardware Komputer Dan Fungsi Nya !!!

Pengertian Hardware Komputer Dan Fungsi Nya !!!
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah informasi tentang pengertian hardware pada perangkat komputer dan beserta fungsinya, mulai dari komponen cpu, motherboard, sistem bios, kipas pendingin, catu daya atau power supply, hardisk internal dan hardisk external.

Fungsi Dan Pengertian Hardware

 Istilah dari hardware atau perangkat keras pada komputer sangat membedakan aspek yang nyata perangkat komputer dari perangkat lunak atau nama lain dari software, perangkat keras pada komputer terdiri dari instruksi perintah tertulis yang memberi tahu komponen fisik apa yang harus dilakukan dan melakukan tindakan. Maka dari itu, kamu harus tahu tentang bagian bagian komponen hardware pada komputer dan beserta fungsinya. 
Unit Sistem Internal


 Unit Sistem Internal terdiri dari banyak komponen seperti prosesor, motherboard, bios, catu daya atau power supply, kipas dan unit pendingin, hardisk internal, konfigurasi pengontrol penyimpanan hard drive misalnya ram, rom, cache dan kartu khusus lainnya seperti kartu jaringan dan kartu grafis.

Processor CPU


  Prosesor unit ini juga dikenal sebagai CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit dan Jantung dari sistem komputer yang mengontrol semuanya. prosesor adalah fungsi sebagian besar produk elektronik Anda. Apa yang dilakukan CPU adalah melakukan sebagian besar pemrosesan data dengan menerima input data dan memproses data dan kemudian mengirimkan informasi ke komponen yang memerlukan informasi ini untuk melakukan sesuatu tindakan. Dengan kata lain CPU komputer adalah otak yang menjalankan sebuah perintah dan CPU mengelola setiap beberapa perintah secara terpisah, meskipun CPU mampu memproses banyak perintah dalam hitungan satuan detik. Ini semua akan tergantung pada seberapa kuat prosesor Anda karena semakin kuat, semakin cepat CPU Anda dapat memproses sebuah perintah.
MotherBoard


 Motherboard adalah komponen terpenting dalam unit sistem dan fungsi utama dari motherboard adalah untuk bertindak sebagai media papan sirkuit utama. Pengertian dari motherboard adalah apa yang menghubungkan dan dapat berkomunikasi serta terintegrasi dengan semua perangkat dan komponen yang terpasang pada motherboard.


 Bagian bagian yang diperlukan dari sistem komputer dan semua koneksi antara sistem komputer dan Peripheral melewati motherboard. Chipset yang ada pada motherboard mengarahkan aliran data antara berbagai bus bus yang terhubung dengan masing masing komponen dan tujuan utamanya adalah untuk memastikan informasi mencapai ke tempat yang seharusnya.

 Motherboard berisi CPU, Slot PCI, Kartu Grafis, BIOS, memori, porta serial dan paralel dan juga konektor eksternal seperti keyboard dan mouse. CPU yang bertanggung jawab untuk mengambil perintah dan melakukan tindakan tidak kompatibel dengan setiap motherboard tetapi hanya motherboard tertentu. 
Sistem BIOS


 BIOS adalah singkatan dari Basic Input atau Output System yang memungkinkan perangkat lunak dan perangkat keras untuk saling berinteraksi. sistem BIOS biasanya ditemukan pada chip ROM yang datang dengan komputer dan itu disebut dengan ROM BIOS. Sebagai permulaan, saya akan jelaskan apa yang dilakukan dan peran sistem BIOS terhadap perangkat komputer.  

 Hal pertama yang dilakukan sistem BIOS ketika anda memulai sistem komputer anda adalah BIOS mengidentifikasi semua perangkat sistem dan memastikan bahwa semuanya dalam keadaan cukup baik. Karena BIOS ada pada ROM, dan itu tidak terpengaruh oleh kegagalan daya dan juga memungkinkan komputer untuk boot itu sendiri. Jadi apa yang sebenarnya dilakukan BIOS adalah memboot PC seperti menyalakan sistem komputer setiap kali dihidupkan oleh pengguna.
Kipas Dan Pendingin

 Heat sink adalah perangkat yang terpasang pada chip prosesor yang berfungsi untuk menarik panas dari prosesor untuk memastikan bahwa suhu prosesor turun. Heat sink terbuat dari paduan aluminium dan memiliki sirip untuk memaksimalkan panas yang dihisap oleh heat sink.

 Kipas Pendingin adalah kipas kecil yang dipasang pada heat sink untuk mencegahnya menjadi terlalu panas. Jadi dengan kata lain sebagian besar sistem komputer memiliki pendingin dan kipas pendingin di mana keduanya bekerja bersama untuk mencegah komponen terlalu panas.
Power Supply

 Power supply atau biasa disebut pencatu daya pada perangkat komputer yakni merupakan alat yang digunakan untuk memberi daya atau tegangan listrik pada perangkat komputer, alat ini juga cukup penting untuk berlangsungnya hidup dari komputer ini, tanpa power supply atau terdapat kerusakan sedikit saja akan menyebabkan komputer susah untuk menyala hingga tidak dapat menyala secara normal.
HardDisk Eksternal 

 Jenis pengontrol Hard Disk Drive yang paling umum digunakan adalah SATA, IDE juga dapat digunakan tetapi tidak banyak digunakan. Hard drive untuk komputer dapat ditemukan di dalam kotak prosesor dan itu adalah perangkat IDE yang dikendalikan oleh pengontrol IDE. Ada dua jenis pengontrol IDE yaitu Primer dan Sekunder.

 Hard drive akan dilampirkan ke pengendali IDE utama, sedangkan, drive CD akan dilampirkan ke saluran sekunder pada motherboard. Setiap pita IDE yang terhubung ke salah satu dari pengontrol ini dapat mendukung dua drive. Setiap drive akan diidentifikasi sebagai master atau slave drive untuk mengetahui data mana yang terkait dengan drive mana.
RAM, ROM


  Memori Internal melayani dua tujuan utama : Satu adalah untuk menyimpan program yang sedang dijalankan dan yang lainnya mempunyai fungsi untuk menyimpan data di mana program bekerja. Di dalam PC ada dua jenis memori yaitu RAM dan ROM.

  RAM juga dikenal sebagai Random Access Memory yang volatile dan segala sesuatu atau aplikasi yang Anda buka di komputer adalah apa yang disimpan dalam RAM. RAM juga memungkinkan informasi disimpan dan diakses dengan cepat dari lokasi acak. Semua program dan data akan ditransfer ke RAM dari hard disk drive sebelum ditampilkan di layar untuk kita baca.


 ROM juga dikenal sebagai Memori Hanya Baca yang non - volatile yang digunakan untuk menyimpan program kecil yang tidak dapat diubah atau diubah sehingga pada dasarnya akan disimpan secara permanen.

  ROM pada komputer terutama digunakan untuk menyimpan berbagai program yang diperlukan untuk memboot perangkat komputer. RAM adalah memori yang mudah menguap sehingga ketika daya dimatikan semuanya akan hilang tetapi ROM sangat tidak stabil yang berarti bahwa apa pun yang disimpan di dalamnya akan tetap tersedia walaupun daya dimatikan.
  
Penyimpanan Dukungan ( FlashDisk, DLL )


  Penyimpanan pendukung atau tambahan adalah perangkat cadangan yang kami gunakan untuk menyimpan data dan file dan perangkat ini adalah perangkat eksternal. Artinya ini tidak ada di dalam unit sistem. Perangkat cadangan ini datang dalam ukuran kecil yang artinya portabel.

  Contoh Perangkat Penyimpanan Dukungan adalah Hard Drive Eksternal, Drive USB Pen dan kartu memori Flash. Perangkat cadangan ini dapat dihubungkan melalui port USB pada unit sistem yang membuatnya lebih mudah untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain.


 Hard drive eksternal sering digunakan sebagai ruang penyimpanan eksternal jika komputer Anda tidak memiliki cukup memori untuk menyimpan data atau file Anda.

VGA ( Video Graphic Array / GPU ( Graphic Processing Unit )

 VGA adalah perangkat keras yang dipasang ke dalam Central Processing Unit (CPU) atau sudah terpasang pada perangkat laptop. VGA mempunyai fungsi sebagai pengolah visual yang akan ditampilkan ke monitor.
Perangkat keras ini memiliki peran penting untuk laptop/PC karena bisa meningkatkan kualitas tampilan di layar PC ataupun laptop. Jika VGA memiliki kapasitas kecil dan prosesor yang kurang memadai, masalah akan muncul ketika PC atau laptop tersebut digunakan. Hal ini pasti akan mengganggu pemain saat bermain game atau terlihat gerakan yang patah saat melakukan penyuntingan gambar.

Sebagai informasi, VGA untuk laptop dan PC sangatlah berbeda. Hal yang sangat mencolok dari perbedaaan VGA untuk PC dan laptop dapat dilihat dari penambahan ukuran memori VGA. Selain itu, VGA yang terpasang di PC akan lebih banyak menghabiskan energi dibandingkan VGA yang ada di laptop.

 VGA laptop biasanya sudah terpasang sesuai dengan pengaturan dari produsen laptop tersebut. Hal ini mengakibatkan VGA yang ada di laptop tidak bisa di upgrade. 

 VGA PC bisa diubah dan juga ditambah. Umumnya, terdapat slot khusus di dalam CPU untuk menambahkan VGA card. Untuk meningkatkan performa, Anda hanya perlu menambahkan VGA card pada CPU untuk mendapatkan grafis gambar yang lebih baik dan detail.


THANKS.
- Follow My Facebook : Luxman Fawkes
- SUBSCRIBE My Channel : Luxman Fawkes